Jumat, 05 April 2013

Khasiat Madu Alami dalam Penyembuhan Tipus



Tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang penyebarannya melalui lalat dan serangga lain. Biasanya seseorang bisa terkena tipus karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis.

Bagian yang diserang oleh bakteri Salmonella typhi adalah usus sehingga usus menjadi luka  selanjutnya akan menyerang hati, limpa dan kantung empedu.


Bagaimana Madu Alami Mengobati Tipus?

Madu alami adalah suatu cairan yang merupakan salah satu produk yang dihasilkan lebah yang mengandung fruktosa (38,5%) dan glukosa (31%). Selain karbohidrat, madu alami juga mengandung protein, asam amino, enzim, vitamin dan mineral. Madu alami juga kaya akan kandungan antioksidan seperti Vitamin C, flavonoid, alkaloid, enzim.

Selain kandungan tersebut di atas, madu alami juga mengandung zat antibiotik dan antibakteri yang aktif melawan serangan bakteri pathogen.



1. Madu alami mengandung kadar gula yang tinggi yang akan menghambat pertumbuhan bakteri

2. Madu alami mempunyai tingkat keasaman yang tinggi dengan pH 3,65 yang dapat mengurangi pertumbuhan dan daya hidup bakteri

3. Madu alami mengandung senyawa radikal hydrogen peroksida yang bersifat dapat membunuh bakteri pathogen

4. Madu alami mengandung berbagai senyawa organic yang bersifat antibakteri, yang telah teridentifikasi adalah polyphenol, falvonoid, dan glikosida.

5. Madu alami mempunyai sifat higroskopik yaitu dapat menyerap cairan sehingga mempercepat penyembuhan luka pada usus yang terjadi pada penderita typus.

Selain mengkonsumsi madu alami, penderita typus juga dapat mengkombinasikannya dengan propolis yang juga merupakan salah satu produk perlebahan. Propolis diketahui juga mengandung antibiotic alami yang bekerja dengan menstimulasi system imunitas tubuh secara alami. Kandungan flavonoid pada propolis membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit menular dan melindungi tubuh dari serangan virus maupun bakteri.


Madu Alami, Madu Yang Seperti Apa?

Di bagian atas, saya berkali-kali menulis tentang madu alami. Lalu  apakah madu ini berbeda dengan madu yang ada di pasaran?


Sebagai informasi, madu alami adalah madu yang dibuat tanpa proses pemanasan dan penyaringan. Madu yang diproses dengan cara pemanasan dan penyaringan cenderung akan mengalami kerusakan dalam kandungan nutrisinya sehingga tidak terjamin lagi kualitasnya.


Madu alami juga mempunyai kadar air yang jauh lebih rendah dibanding dengan madu di pasaran. Madu di pasaran rata-rata mempunyai kadar air 20-23%, sedangkan madu alami mempunyai kadar air 17% sehingga bentuknya kental seperti selai dan dapat dikonsumsi dengan cara dioles pada roti.


Mengapa kadar air rendah penting dalam produk madu alami, adalah karena madu dengan kadar air rendah sulit untuk ditumbuhi jamur dan juga tidak mudah terfermentasi. Sebagaimana kita ketahui, iklim di Indonesia adalah tropis yang dapat memicu terjadinya proses fermentasi lebih cepat.

Madu Hitam Pahit
Madu hitam pahit merupakan salah satu kekayaan hayati Indonesia yang memiliki khasiat yang berlipat-lipat dari madu biasa pada umumnya, khususnya untuk penyembuhan penyakit-penyakit degeneratif.

Madu hitam pahit adalah salah satu jenis madu langka yang sulit untuk ditemukan dan didapatkan dalam jumlah yang banyak. Pahitnya rasa madu ini karena mengandung alkaloid, yaitu bahan obat yang berfungsi sebagai antiinfeksi.

Madu Pahit umumnya diperoleh dari hasil lebah Apis Mellifera yang menghisab nektar atau bunga pohon-pohon yang memiliki potensi menghasilkan nektar yang berasa pahit seperti: pohon singkong karet, paitan, mahoni, kaliandra, pelawan, dll. Para peternak lebah sangat jarang yang mau memburu madu jenis ini karena belum banyak dikenal masyarakat. Padahal madu jenis ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang belum tentu dijumpai pada jenis madu yang lain.

Terlebih penyakit tipus  yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi insya Allah mampu diatasi dengan jenis madu ini, selain kadar alkaloid sebagai obat anti infeksi juga anti bakteri, dan nutrisi bagi tubuh 

Untuk mendapatkan madu hitam pahit silahkan sms: MHP#Jumlah#nama#alamatlengkap ke 081-322290125 atau PIN BB 26A36F64

2 komentar: